Headlines News :
Home » , » Inilah Spesies Langka Yang Masih Ada Di Taman Nasional Gunung Leuser Aceh

Inilah Spesies Langka Yang Masih Ada Di Taman Nasional Gunung Leuser Aceh

Written By Unknown on Monday, December 14, 2015 | 11:16:00 PM

Aceh Tenggara - Betapa kayanya negeri tercinta kita. Banyak flora dan fauna yang populasinya tinggal segelintir, ada di Indonesia.
gunung leuser photo
Salah satu taman nasional yang masih terdapat hewan langka adalah Taman Nasional Gunung Leuser. Taman nasional ini terletak di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Luasnya 1.094.692 hektar, dan termasuk Kawasan Pelestarian Alam.
Ingin tahu hewan-hewan langka yang masih hidup nyaman di taman nasional ini? Simak ulasan berikut, ya.
1. Orangutan Sumatera
Inilah orangutan paling langka. Hewan ini lebih suka hidup di atas pohon, untuk menghindari hewan buas. Makanan yang disukai adalah buah-buahan, serangga, telur burung, vertebrata kecil, dan rayap.
Orangutan Sumatera termasuk hewan cerdas. Mereka pandai membuat alat yang digunakan untuk mencari makan. Mereka dapat mematahkan cabang pohon, membuang ranting-rantingnya, lalu mengasah ujungnya. Jadilah sebuah batang. Hewan itu menggunakan batang tersebut untuk mencungkil lubang pohon dalam rangka mencari rayap.
2. Siamang
Yaitu jenis kera berbulu hitam, berlengan panjang, dan tidak berekor. Di antara jari kedua dan ketiga, terdapat anyaman. Hewan ini lincah dan gesit, sehingga sulit dimangsa binatang buas.
Keunikan lain adalah, suara hewan ini sangat nyaring. Sebab, di tenggorokan mereka terdapat kantung gular.
Populasi hewan ini sangat sedikit, karena habitatnya semakin berkurang. Biasanya karena habitat tersebut dibuka untuk lahan pemukiman dan pertanian.
3. Rangkong Papan
Burung ini sangat cantik. Bulunya berwarna hitam, paruhnya berwarna putih, dan memiliki tanduk berwarna hitam putih. Tanduknya berongga. Ada perbedaan warna mata antara rangkong jantan dan betina. Yang jantan matanya berwarna merah, yang betina berwarna biru.
Hewan ini sudah langka karena penangkapan liar dan semakin hilangnya habitat hutan bagi tempat tinggalnya.
4. Harimau Sumatera
Hewan ini sudah sangat langka. Populasinya yang hidup di alam bebas hanya 400-500 ekor. Langkanya hewan ini akibat perdagangan oleh manusia. Bahkan, tahun 1998-2000 tercatat 66 ekor harimau sumatera terbunuh. Penyebab lainnya adalah pembukaan hutan habitatnya untuk dijadikan pemukiman dan lahan pertanian.
5. Ajak
Ada yang tahu hewan ini? Ajak atau sering ditulis ajag adalah anjing hutan yang mirip serigala. Hewan ini adalah jenis anjing asli Indonesia. Sedangkan, anjing kampung dan anjing-anjing peliharaan, justru jenis anjing import.
6. Beruang Madu
Inilah beruang terkecil dibandingkan jenis beruang lainnya di dunia. Hewan ini dapat bergerak dengan kecepatan 8 km/jam. tenaganya pun sangat kuat. Bagian telapaknya tidak berbulu, karena biasa hidup di pepohonan.
Disebut beruang madu karena hewan ini senang makan madu. Lidahnya sangat panjang, dan dapat dipanjangkan lagi sesuai kebutuhan. Fungsinya untuk mengambil madu dari sarang lebah yang terdapat di pohon-pohon.
7. Gajah Sumatera
Hewan ini juga termasuk yang kritis. Populasinya hanya 2.700 ekor. Sekitar 65% gajah sumatera mati diburu manusia, untuk diambil gadingnya. Mamalia terbesar ini sangat dilindungi.
Itulah tujuh hewan langka yang masih dapat ditemui di Taman Nasional Gunung Leuser. /*
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©