Headlines News :
Home » » 9 Agustus, Diplomat Pertama Asia Asal Aceh Meninggal di Belanda

9 Agustus, Diplomat Pertama Asia Asal Aceh Meninggal di Belanda

Written By Unknown on Thursday, August 9, 2012 | 1:46:00 AM

TIDAK ada yang menyangkal bahwa Aceh adalah sebuah magnet bagi dunia. Karenanya, usai menjajah Aceh dan mengakui kedaulatan Aceh, Belanda masih juga ‘mematai-matai’ Aceh. Negeri Kincir Angin ini kemudian membangun “Atjeh Institute” di negerinya. Di sanalah dokumen-dokumen tentang Aceh diselematkan.

Belanda semakin yakin bahwa Aceh punya keunikan tersendiri yang mesti dijaga, diwariskan, dan dilestarikan. Belanda berbangga hati saat diplomat Aceh berkunjung ke Belanda. Menurut sahibul kisah, diplomat Aceh merupakan diplomat pertama dari Asia yang menjalin hubungan kerja sama dengan Kerajaan Belanda kala itu.

Namanya Abdul Hamid. Ia diutus ke Belanda pada Agustus 1962. Kedatangan diplomat Aceh itu ke Belanda juga atas permintaan Belanda. Kala itu, Pangeran Maurits, pendiri Dinasti Orange, mengirim surat kerja sama pada kerajaan Aceh. Abdul Hamid dipercaya oleh Aceh sebagai pimpinan rombongan.
Dalam kunjungan tersebut, Abdul Hamid jatuh sakit. Ia tidak sempat kembali lagi ke nanggroe. Abdul Hamid meninggal di Belanda pada 9 Agustus tahun itu juga. Makamnya ada di pekarangan gereja St. Pieter di Middelburg, Zeeland.

Prosesi pemakaman Abdul Hamid dilakukan besar-besaran. Namun, karena Belanda tidak paham pemakaman secara Islam, Abdul Hamid dimakamkan dengan cara Nasrani. Di pemakaman tersebut terdapat sebuah prasasti yang diresmikan oleh Pangeran Bernhard, suami Ratu Juliana.
Oleh Herman
RN Kru Adjir Vikink
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©