Headlines News :
Home » » Arah Kiblat Masjid di Aceh Bergeser ke Ethiopia

Arah Kiblat Masjid di Aceh Bergeser ke Ethiopia

Written By Fuad Heriansyah on Thursday, December 13, 2012 | 3:22:00 AM


Aceh, ON: Sejumlah masjid di Aceh diduga mengalami pergeseran arah kiblat. Hal itu disebabkan adanya aktivitas gempa yang kerap mengguncang Serambi Mekkah. Bahkan, ditemukan satu masjid yang arah kiblat tidak ke ka'bah melainkan ke Etiopia bagian utara.
Petugas mengukur kembali arah kiblat masjid di Aceh

 
Sejumlah masjid yang ada di Aceh diukur ulang arah kiblatnya untuk diketahui keakuratan arah kiblat. Pengukuran itu dilakukan tim dari Badan Hisab dan Rukyah Kementerian Agama Aceh atas permintaan panitia masjid.
 
Salah satu masjid yang diukur arah kiblatnya pada hari ini yaitu Masjid Baitul Musyahadah atau yang lebih di kenal dengan nama masjid Teuku Umar.
 
Imam Masjid Teuku Umar Tgk. H Ghazali Cutni mengatakan, pengukuran itu dilakukan untuk mengetahui keakuratan arah kiblat mengingat Aceh sering dilanda gempa. Selain itu, pengukuran itu dilakukan karena panitia masjid akan merenovasi lantai masjid dari keramik ke marmer.
 
"Ini pengakuratan kembali, barang kali ada penggeseran mengingat Aceh sering dilanda gempa," kata Tgk Ghazali, Rabu (12/12/2012).
 
Hasil pengukuran itu, katanya, akan langsung diterapkan di masjid yang terletak di Geucee Kayee Jatoe itu pada saat salat ashar dilaksanakan. "Hasil itu akan langsung kita terapkan mulai hari ini," jelasnya.
 
Sementara Tim dari Badan Hisab dan Rukyah yang melakukan pengukuran, Al-Firdaus, mengatakan, arah kiblat masjid Teuku Umar mengalami pergeseran dari arah sebelumnya sekitar 9 derajat  atau sekitar 887 kilometer jika ditarik garis lurus dari arah kiblat (Ka'bah) ke bawah atau ke arah selatan.
 
"Jadi secara otomatis masjid yang  ada sekarang ini tidak menghadap ke Ka'bah tapi  ke arah Etopia bagian utara," kata Firdaus.
 
Hal itu, jelasnya, disebabkan karena salah pemahaman terhadap posisi matahari. Jika berpedoman pada matahari, maka posisi tenggelamnya terkadang kearah selatan atau terkadang kearah utara.
 
"Maka, jika berpedoman terhadap arah matahari tenggelam untuk posisi kiblat, maka untuk bulan Desember arah kiblat itu menghadap kearah Afrika bagian selatan, dan jika matahari tenggelam ke utara akan sedikit cocok ke Ka'bah karena Ka'bah berada di sebelah utara bumi," jelasnya.
 
Untuk hari ini, pihanya melakukan pengukuran terhadap tiga masjid yaitu masjid yang sedang dibangun di kawasan Lam Cot, Masjid Teuku Umar, dan salah satu masjid di Garot, Banda Aceh.
 
"Kita melakukan pengukuran ulang ini jika dipanggil oleh panitia masjid agar tidak terjadi keresahan di masyarakat tentang penentuan arah kiblat," pungkasnya.
 
Pantauan obornews.com, setelah tim dari Badan Hisab dan Rukyat melakukan pengukuran ulang, pengurus masjid itu langsung menerapkan hasil itu. Mereka kemudian melaksanakan salat Asar dengan posisi kiblat sesuai dengan hasil pengukuran ulang yaitu bergeser sekitar 9 derajat dari posisi sebelumnya.


BAW / Agus S / Gunawan / obornews
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©