Headlines News :
Home » » Ini Pidato Lengkap Gubernur Aceh Saat Pelantikan Kepala SKPA

Ini Pidato Lengkap Gubernur Aceh Saat Pelantikan Kepala SKPA

Written By Fuad Heriansyah on Monday, November 5, 2012 | 8:02:00 AM

BANDA ACEH - Gubernur Aceh Zaini Abdullah saat melantik para kepala dinas, biro, dan staf ahli, di jajaran Pemerintah Aceh, Senin 5 November 2012, mengatakan pelantikan itu telah direncanakan jauh hari dengan baik dan penuh pertimbangan normatif dan objektif. Berikut pidato lengkap Gubernur Aceh saat pelantikan pejabat struktural eselon II, di Lobi kantor gubernur:
“BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM”
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi Rabbil‘alamin, Wassalatu Wasalamu‘ala Asyrafil Ambia-i Walmursalin. Wa’ala alihi Washahbihi ajma’in.

YANG KAMI HORMATI

KETUA DAN ANGGOTA DPR ACEH,
ANGGOTA FORUM KOORDINASI PIMPINAN DAERAH,
SAUDARA SEKDA,  PARA ASISTEN SEKDA DAN KEPALA SKPA,
SAUDARA PARA PEJABAT YANG BARU DILANTIK BESERTA KELUARGA, REKAN-REKAN WARTAWAN SERTA HADIRIN YANG BERBAHAGIA.

PUJI SYUKUR KITA PERSEMBAHKAN KE HADIRAT ALLAH SWT, ATAS SEGALA RAHMAT DAN KARUNIA-NYA YANG TIDAK TERHINGGA KEPADA KITA. SELAWAT DAN SALAM MARI KITA SAMPAIKAN KEPADA JUNJUNGAN ALAM NABI BESAR MUHAMMAD SAW BESERTA KELUARGA DAN SAHABATNYA SEKALIAN.  

HADIRIN SEKALIAN,

PELANTIKAN  PEJABAT ESELON II  YANG KITA LAKUKAN HARI INI  MERUPAKAN KEGIATAN RUTIN YANG LAZIM DALAM RANGKA  PENINGKATAN KINERJA DAN EFEKTIFITAS JALANNYA RODA PEMERINTAHAN. PELANTIKAN  INI TELAH DIRENCANAKAN JAUH HARI DENGAN BAIK DAN PENUH PERTIMBANGAN NORMATIF DAN OBJEKTIF. KITA BERHARAP, PENYEGARAN YANG KITA LAKUKAN INI DAPAT  MENDORONG SUKSESNYA  PENCAPAIAN SASARAN PEMBANGUNAN ACEH YANG LEBIH BAIK KE DEPAN.

ADA  TIGA  PERTIMBANGAN YANG MELANDASI PELANTIKAN HARI INI. PERTAMA, DALAM RANGKA  MEMPERCEPAT KINERJA PEMERINTAHAN ACEH AGAR MELAKSANAKAN LANGKAH-LANGKAH YANG KAMI PERJUANGANKAN DEMI KEPENTINGAN RAKYAT ACEH YANG MENGINGINKAN ADANYA PERUBAHAN MENDASAR DALAM PEMERINTAHAN ACEH KEDEPAN YANG KAMI PIMPIN.

KEDUA, MUTASI  YANG KITA LAKUKAN HARI INI ADALAH LANGKAH AWAL DALAM MELAKUKAN REFORMASI BIROKRASI DI LINGKUNGAN PEMERINTAHAN ACEH DENGAN MELAKUKAN SINKRONISASI ANTARA TUGAS POKOK DAN FUNGSI SKPA DENGAN KEAHLIAN DAN PENGALAMAN KERJA PEJABAT ESELON II. DAN JUGA BAGIAN DARI TOUR OF DUTY, REFRESH ATAU PENYEGARAN SEKALIGUS PERGILIRAN WILAYAH TUGAS DALAM RANGKA MEMPERKAYA  PENGALAMAN KERJA.

KETIGA, PELANTIKAN YANG KITA LAKUKAN HARI INI JUGA  MERUPAKAN HASIL EVALUASI KINERJA DAN INTEGRITAS PARA PEJABAT ESELON II. SECARA BERKALA, SEJAK HARI PERTAMA  KAMI  DI LANTIK,  KAMI TERUS MENERUS MELAKUKAN EVALUASI, DAN INI AKAN TERUS DILAKUKAN KE DEPAN. SEMUA INI KITA LAKUKAN DENGAN HARAPAN VISI DAN MISI PEMERINTAH ACEH PERIODE 2012 -2017  DAPAT DIIMPLEMENTASIKAN DENGAN BAIK DAN BENAR  MELALUI PROGRAM DAN KEGIATAN KONKRIT SKPA SESUAI DENGAN MOU HELSINKI DAN UNDANG-UNDANG PEMERINTAHAN ACEH NO 11 TAHUN 2006 TENTANG PEMERINTAHAN ACEH.

PARA UNDANGAN DAN HADIRIN SEKALIAN,

 MELALUI  MOMENTUM  PELANTIKAN INI,   KAMI  INGIN MEMASTIKAN  PEJABAT-PEJABAT YANG TERPILIH MAMPU BERGERAK CEPAT DALAM MELAKSANAKAN TUGASNYA. INI PENTING, KARENA PERMASALAHAN YANG MUNCUL DI LAPANGAN UMUMNYA SELALU BERUBAH-UBAH. APALAGI KITA SEMUA TAHU, DINAMIKA KEHIDUPAN MASYARAKAT DI ACEH SANGAT DINAMIS, GELOMBANG HARAPAN MASYARAKAT SEMAKIN MEMUNCAK, SEMUA MAU CEPAT TERSAJI. KAMI — SAYA DAN WAKIL GUBERNUR —— INGIN MEMASTIKAN DALAM BEBERAPA WAKTU YANG RELATIF SINGKAT KE DEPAN, SUDAH  DAPAT KITA SAKSIKAN PERUBAHAN SISTEM PEMERINTAHAN ACEH  KE ARAH YANG LEBIH BAIK DAN LEBIH MELAYANI LAGI  MELALUI TINDAKAN KREATIF DAN SUNGGUH-SUNGGUH DARI SAUDARA.

INSYA ALLAH, PEMBANGUNAN ACEH  KE DEPAN AKAN KITA PACU LEBIH KENCANG LAGI. DANA APBA YANG TERSEDIA UNTUK TAHUN 2013 KITA GUNAKAN SEBAIK DAN SEMAKSIMAL MUNGKIN, KHUSUSNYA DALAM BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. SEKTOR PERTANIAN DAN PERIKANAN, SERTA PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL AKAN MENJADI FOKUS PERHATIAN KITA KE DEPAN. PEMBANGUNAN GAMPONG ADALAH SALAH SATU FOKUS UTAMA, SELAIN MASALAH INVESTASI DAN PEMBANGUNAN KAWASAN EKONOMI TERPADU. OLEH SEBAB ITU, KITA MEMBUTUHKAN PEJABAT YANG PEKA TERHADAP KEADAAN DAN BISA BEREAKSI CEPAT TERHADAP PERUBAHAN. TIDAK ADA LAGI WAKTU UNTUK BERSANTAI-SANTAI. HILANGKAN KEPENTINGAN PRIBADI. MARI KITA GUNAKAN SELURUH KEMAMPUAN YANG KITA MILIKI UNTUK MEMACU PEMBANGUNAN ACEH YANG LEBIH KENCANG DAN LEBIH BAIK LAGI. “SAATNYA BIROKRASI BANGUN DARI TIDURNYA”.

SELAIN ITU, PERLU JUGA KAMI SAMPAIKAN KEPADA SAUDARA BAHWA TANTANGAN KITA DALAM MEMBANGUN ACEH MASIH SANGAT BESAR.  MENGENTASKAN KEMISKINAN, MENJAGA KEDAMAIAN, PENEGAKAN DISIPLIN APARATUR DAN MASYARAKAT, PEMBANGUNAN DEMOKRASI, PENDIDIKAN, KESEHATAN, PEMBANGUNAN KEAGAMAAN DALAM SISI PELAKSANAAN SYARIAT ISLAM, DAN BERBAGAI HAL LAINNYA MASIH MENJADI TUGAS BERAT YANG HARUS KITA TUNTASKAN BERSAMA. KITA SADARI, SEMUA ITU TIDAK DAPAT KITA LAKUKAN DENGAN WAKTU YANG SINGKAT, TIDAK MUNGKIN SEMUA MASALAH HANYA DENGAN BEBERAPA BULAN DAPAT DISELESAIKAN, DAN TIDAK MUNGKIN DENGAN MEMBALIKKAN TELAPAK TANGAN SAJA MASALAH AKAN SELESAI, NAMUN MEMBUTUHKAN KERJA KERAS, NIAT YANG IKHLAS, TIM PEMERINTAH YANG KUAT DAN DUKUNGAN SEMUA ELEMEN RAKYAT.

KARENA ITU, KEPADA SAUDARA-SAUDARA KAMI MINTA UNTUK MEMBUAT LANGKAH PERBAIKAN DALAM SEGALA SEKTOR KEHIDUPAN, DEMI OPTIMALNYA PEMBANGUNAN ACEH YANG TELAH DIRANCANG.  KITA HARUS MENYATUKAN TEKAD AGAR BISA BEKERJA MAKSIMAL UNTUK MEMPERBAIKI KONDISI ACEH. PESAN KAMI, MARI MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK SELURUH RAKYAT ACEH.

KEPADA SAUDARA YANG TELAH DILANTIK, ADA 5 HAL JANJI YANG HARUS SAUDARA LAKUKAN.

PERTAMA, SESUAI DENGAN SUMPAH YANG TELAH SAUDARA UCAPKAN, BAHWA SAUDARA HARUS BEKERJA DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH, NIAT YANG IKHLAS, PENUH KEJUJURAN, KEDISIPLINAN DAN KETERBUKAAN.

KEDUA, SAUDARA HARUS MENJUNJUNG TINGGI KEPENTINGAN PEMERINTAH ACEH DI ATAS KEPENTINGAN GOLONGAN ATAU PRIBADI DAN BEKERJA DENGAN LOYALITAS YANG TINGGI KEPADA PEMERINTAH ACEH.

KETIGA, SAUDARA TIDAK BOLEH MELAKUKAN PRAKTEK KORUPSI, KOLUSI DAN NEPOTISME ATAU PRAKTEK PENYALAHGUNAAN JABATAN YANG DIAMANAHKAN.

KEEMPAT, SAUDARA WAJIB MEWUJUDKAN VISI DAN MISI PEMERINTAH ACEH DALAM MELAKUKAN PERUBAHAN SECARA FUNDAMENTAL DALAM SEMUA SEKTOR KEHIDUPAN MASYARAKAT ACEH KHUSUSNYA PELAYANAN PUBLIK. SAUDARA AKAN BEKERJA DALAM MEWUJUDKAN MOU HELSINKI DAN MENGIMPLEMENTASIKAN UU NO 11 TAHUN 2006 TENTANG PEMERINTAHAN ACEH.

DAN KELIMA, APABILA DALAM JANGKA WAKTU SEKURANG-KURANGNYA 6 (ENAM) BULAN SAUDARA TIDAK MAMPU MELAKSANAKAN JANJI INI, SAUDARA HARUS BERSEDIA MENGUNDURKAN DIRI ATAU DIBERHENTIKAN, SERTA TIDAK AKAN MELAKUKAN TUNTUTAN HUKUM APAPUN.

BAGI SAUDARA YANG HARI INI TERPILIH, JANGAN MENGANGGAP JABATAN INI SEBAGAI REZEKI. SIKAPILAH JABATAN INI DENGAN SEBUAH TANGGUNGJAWAB, AMANAH DAN KEPERCAYAAN. MARI SEMUA KITA BERSERAH DIRI KEPADA ALLAH SWT, KARENA TANTANGAN YANG MENGHADANG DI DEPAN SANGAT BESAR.

KOMITMEN SAUDARA-SAUDARA TERHADAP TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB TIDAK HANYA KAMI BUTUHKAN LEWAT SUMPAH ATAU PERNYATAAN LISAN. KAMI INGIN SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN MEMBERI KAMI BUKTI, BAHWA SAUDARA ADALAH PILIHAN YANG TEPAT SEKALIGUS TERBAIK. KAMI AKAN MENGEVALUASI SAUDARA-SAUDARA SECARA BERKALA, DAN EVALUASI PERTAMA KAMI LAKUKAN DALAM ENAM BULAN PERTAMA. KALAU SELAMA KURUN WAKTU ENAM BULAN INI SAUDARA-SAUDARA TIDAK BISA MENUNJUKKAN KINERJA SEBAGAIMANA YANG KAMI HARAPKAN, MAKA DENGAN SANGAT MENYESAL KAMI AKAN MENGGANTI SAUDARA DENGAN PEJABAT YANG LAIN.
 KEPADA PEJABAT ESELON II YANG DIGANTI, KAMI MENGUCAPKAN TERIMAKASIH DAN PENGHARGAAN YANG TINGGI ATAS PENGABDIAN DI LEMBAGA YANG SAUDARA PIMPIN SELAMA INI. KAMI PERCAYA, PENGABDIAN ITU TIDAK AKAN BERHENTI DI SATU POSISI SAJA. KARENA HASIL EVALUASI ENAM BULANAN MASIH TETAP MENJADI RUANG KEMBALINYA SAUDARA KE POSISI ESELON II LAINNYA, SERTA AKAN ADANYA PERUBAHAN QANUN NOMOR 4 TAHUN 2007 DAN QANUN NOMOR 5 TAHUN 2007 TENTANG SATUAN ORGANISASI DAN TATA KERJA PERANGKAT ACEH, AKAN SEGERA DILAKUKAN PEMBAHASAN BERSAMA DENGAN DPRA TENTANG PEMEKARAN BEBERAPA SKPA. OLEH SEBAB ITU KAMI BERHARAP SAUDARA BISA MENINGKATKAN PENGABDIAN ITU DI POSISI MANAPUN SAUDARA BERADA. SETIAP PNS TENTU MEMILIKI POSISI DAN JABATAN YANG HARUS DIEMBAN, MESKIPUN BUKAN JABATAN STRUKTURAL. TERUSLAH BERKARYA DEMI PENINGKATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT.

KEPADA PEJABAT YANG BARU DILANTIK KAMI MENGUCAPKAN SELAMAT, SEMOGA SENANTIASA SUKSES DALAM MENGEMBAN TUGAS-TUGAS YANG DIPERCAYAKAN KEPADA SAUDARA.

DEMIKIAN SAMBUTAN SEKALIGUS ARAHAN KAMI, TERIMAKASIH.   


Wabillahitaufiq walhidayah
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


GUBERNUR ACEH

dr. H. ZAINI ABDULLAH


|Sumber Atjehpost|
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©