Headlines News :
Home » , » Semangat Tarian Tradisional Aceh Terpancar Pada Rapa-i Geleng

Semangat Tarian Tradisional Aceh Terpancar Pada Rapa-i Geleng

Written By Fuad Heriansyah on Wednesday, March 6, 2013 | 9:42:00 PM

Tarian Rapa-i. Gambar azizklayatan
Rapa-i adalah salah satu seni alat musik perkusi dari Aceh. Rapa-i (rebana) terbagi kepada beberapa jenis permainan, Rapa-i Geleng menjadi salah satu dari mereka. Rapa-i Geleng dikembangkan oleh anonim Aceh Selatan. Rapa-i Geleng game juga termasuk gerakan-gerakan tari yang mewakili sikap keseragaman dalam hal kerjasama, kebersamaan, dan penuh kohesi dalam masyarakat.

Fungsi dari tarian ini adalah kebesaran agama, menanamkan nilai-nilai moral kepada masyarakat, dan juga menjelaskan tentang bagaimana hidup dalam komunitas sosial. Rapa-i Geleng pertama kali dikembangkan pada tahun 1965 di Pesisir Selatan. Rapa-i Geleng dibawa untuk mengisi kekosongan waktu siswa jenuh setelah belajar. Kemudian, tarian ini digunakan sebagai sarana propaganda karena bisa membuat daya tarik penonton yang sangat banyak.

Jenis tarian ini ditujukan untuk pria. Biasanya tarian ini dimainkan, ada 12 pria yang telah dilatih. Syair adalah sosialisasi yang disampaikan ke masyarakat tentang bagaimana hidup dalam suatu agama, masyarakat dan solidaritas ditegakkan.
Pada dasarnya, ritme gerak pada tarian Rapa-i Geleng hanya terdiri dari empat tingkat: lambat, cepat, sangat cepat dan diam. Tingkat keempat adalah karakteristik gerak miniatur masyarakat yang mendiami posisi ujung pulau Sumatera, berisikan pesan-pesan pola perlawanan terhadap segala bentuk penyerangan pada eksistensi kehidupan keagamaan, pembangunan politik, sosial dan budaya.

Tari Rapa-i Geleng ada 3 putaran; Saleum (Salam), kisah (cerita yang baik rasul-rasul, nabi, raja, dan ajaran agama) dan Lani (penutup).
Nama Rapa-i diadopsi dari nama Syeik Ripai orang pertama yang mengembangkan instrumen-instrumen perkusi.
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©