Headlines News :
Home » , , » Aceh Utara Dan Aceh Barat Akan Di Bangun Pabrik Padi Raksasa

Aceh Utara Dan Aceh Barat Akan Di Bangun Pabrik Padi Raksasa

Written By Unknown on Thursday, September 27, 2012 | 4:56:00 AM

Aceh Utara : Hashim Soemitro Djojohadikusumo tekad membenah ekonomi Aceh ia berniat menginvestasi Rp1,3 Triliun untuk membangun dua pabrik raksasa di Aceh Utara dan Aceh Barat.

Terlihat Wagub Aceh Muzakir Manaf (kiri),Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib (tengah) dan Hashim Soemitro Djojohadikusumo (kanan) yang sedang menanda tangani MOU pembuatan pabrik padi raksasa di aceh utara.(Berita Sore/ Jamal)

Hal itu diungkapkan Hashim di depan Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf saat melakukan penandatangan MoU pembangunan kilang padi paling modern di Gampong Mane Kawan, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, Rabu (26/09).
“Saya berani berinvestasi di Aceh karena Aceh dipimpin oleh dr. Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf. Saya juga angkat salut dengan kepimimpinan mereka yang begitu terbuka dengan investor dan berani mengambil kesimpulan secara cepat. Saya sangat antusias untuk membangun Aceh dan Indonesia ke depan. Untuk itu saya berinvestasi sebanyak Rp1,3 triliun untuk pembuatan kilang padi ini,” ujar anak kandung begawan ekonomi Soemitro Djojohadikusumo ini.
“Selama ini banyak hasil alam di Aceh dikirim ke Sumatera Utara dan diekspor ke luar negeri, karena di Aceh tidak ada pabrik pengolah bahan baku tersebut. Dan, ini merupakan bentuk penjajahan, penjahan ekonomi di Aceh harus dihapuskan, sudah saatnya masyarakat Aceh mengelola ekonominya sendiri,” ujarnya didepan media masa.
Sedangkan yang ke dua, yaitu pabrik karet paling modern di dunia, akan dibangun di Meulaboh, Aceh Barat, pada Agustus tahun 2013. Pabrik tersebut akan mensejahterakan 71.000 hektar pemilik lahan karet masyarakat Aceh Barat. Masyarakat pemilik lahan karet di sana, tidak sejahtera selama ini akibat tidak ada pabrik pengolah bahan baku, karena itu hasil produksi kebun karet dibawa ke Sumatera Utara dengan harga murah.
Untuk itu, ia bertekat akan membangun dua proyek raksasa di Provinsi Aceh berdasarkan permintaan Pemerintah Aceh. Dua proyek raksasa itu yakni pembangunan kilang padi paling modern di Indonesia di Gampong Mane Kawan, Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara. Kalau selesai nanti, hasil produksi beras mencapai 100 ribu ton per tahun
“Data Badan Pusat Statistik Aceh, potensi gabah di Aceh sangat spektakuler, mencapai 1,9 juta ton lebih padi basah. Hasil perhitungan, Aceh membutuhkan sembilan unit kilang padi serupa. Usaha itu dibuka bukan karena Aceh membutuhkan, tapi usaha ini kami nilai sangat menguntungkan,” ujarnya, seraya mengajak secara bersama-sama untuk menghapus penjahahan ekonomi di Aceh.
Sangat mengejutkan kata Hashim, Kabupaten Aceh Utara ternyata daerah penghasil kelapa sawit paling besar di Aceh. Anehnya daerah terbesar penghasil kelapa sawit, belum memiliki pabrik kelapa sawit. Dia juga berjanji akan membangun pabrik kepala sawit di Bumi Malikussaleh.
Pada kesempatan ini Muallem sapaan akrab wagub Aceh itu memperkenalkan pada masyarakat yang berhadir bahwa Hashim Soemitro Djojohadikusumo merupakan fungsionaris dari Partai Gerindra pimpinan Prabowo Subianto. Kata Muallem, pembangunan Aceh ke depan tinggal menunggu waktu. Agar Aceh bisa menjadi daerah maju seperti Malaysia dan Thailand. Muallem mengimbau pengusaha Aceh yang berada di luar untuk pulang membangun Aceh khususnya dan Indonesia umumnya secara bersama-sama.

Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©