Headlines News :
Home » » Sejarah Gampong Lampulo

Sejarah Gampong Lampulo

Written By Fuad Heriansyah on Monday, November 26, 2012 | 1:10:00 AM

Asal Usul Gampong
Gampong LAMPULO merupakan Gampong yang berada pada pinggiran terusan Krueng Aceh yang terhubung hingga ke laut, konon berdasarkan cerita lama berdasarkan penuturan H. Abdullah Husen (mantan Keuchik Lampulo), yang mana air sungai krueng Aceh sering meluap hingga terjadi banjir, hal inilah yang menjadi dasar penyebutan LAM (bahasa Indonesia: Tenggelam), dan dikarenakan Lampulo dulunya merupakan daerah hutan pinggiran laut sehingga disebut dengan istilah PULO (bahasa Indonesia: Pulau).

Awalnya Gampong ini bersatu dengan Gampong Lampulo Ujung Peunayong, yang sekarang terpisah menjadi tiga Gampong, yaitu LAMDINGIN, LAMPULO dan MULIA, yang semua tunduk pada Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Gampong yang pertama melakukan pemekaran adalah Gampong LAMDINGIN yaitu pada tahun 1963, baru pada tahun 1965 LAMPULO UJUNG PEUNAYONG pada masa pemerintahan Keuchik Nago terpisah, untuk sebelah selatan menjadi Gampong MULIA dan sebelah utara menjadi Gampong LAMPULO.

Pada Tahun 1985 Gampong LAMPULO berubah status tata kota, yaitu dengan terbentuknya Kotamadya Banda Aceh dan menjadi salah satu Gampong yang berada dalam Kecamatan Kuta Alam. [Sumber]
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©