Headlines News :
Home » , , » Festival Coffee Internasional di Gayo

Festival Coffee Internasional di Gayo

Written By Fuad Heriansyah on Thursday, November 15, 2012 | 5:07:00 AM

Takengon-ORBIT: Festival Coffee International bertajuk Gayo Specialty Coffee Festival digelar di dataran tinggi Gayo di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Festival coffee International ini mengambil tema “Making Gayo Coffee More Than Specialty Coffee” (Menciptakan Kopi Gayo lebih dari kopi Specialty), festival ini akan dilaksanakan (11-16/11).

Penggagas festival Mustawalat juga Ketua Asosiasi Producers Fair Trade Indonesia (8/11), kepada Harian Orbit, mengatakan, para peserta yang akan hadir dan meramaikan acara ini adalah 16 produser Kopi dari Aceh Tengah, Bener Meriah dan 2 Produser dari luar daerah yaitu dari Mamasa dan Manggarai Nusa Tenggara Timur. “Sebanyak 16 Eksportir Kopi dan 4 (Empat) Importir kopi dari Amerika Serikat,” kata Mustawalad.

Hadir dalam acara itu nantinya selain Produser, Eksportir serta pembeli yang berasal dari Aceh dan Sumatera Utara (Medan), jelas Mustawalat.

“Rangkaian kegiatan dalam Gayo Specialty Coffee Festival ini seperti Rapat Anggota Asosiasi Produser Fair Trade Indonesia tanggal 11 November 2012, Seminar tanggal 12 November, Cupping test (Uji cita rasa), kunjungan ke kebun petani, Cupping test di lapangan,” terang Mustawalad.

Banyak hal yang ingin dicapai dalam penyelenggaran acara ini, lanjut dia, diantaranya menjaga eksistensi kejayaan kopi Gayo di pasaran International, memperluas pasar baik lokal maupun international dan memperkenalkan kearifan masyarakat Gayo dalam mengelola tanaman kopi dan saling tukar pengalaman antar produser, eksportir dan Importir. “Para importir dari Amerika ini juga nantinya akan berbicara tentang pengalaman mereka ketika melakukan bisnis kopi Gayo dan akan dilaksanakan oleh Asosiasi Produser Fair Trade Indonesia dan di dukung oleh Pemkab Aceh Tengah, Pemkab Bener Meriah, KBQ Baburayan,” lanjut Mustawalad. |Sumber|
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©