Headlines News :
Home » » World Bank Puas Hasil Rekontruksi Aceh

World Bank Puas Hasil Rekontruksi Aceh

Written By Fuad Heriansyah on Thursday, November 15, 2012 | 5:24:00 AM

World Bank
Pamela Cox (sumber: web.worldbank.org)
Dana US$655 juta yang disumbangkan oleh 15 donor telah diterjemahkan menjadi hasil-hasil nyata di lapangan.

Bank Dunia menyatakan kepuasannya dengan capaian luar biasa yang diraih dalam upaya rekonstruksi Aceh sejak tsunami 2004 melalui proyek Multi Donor Fund (MDF).

"Aceh telah berhasil mencetak kemajuan yang sangat menggembirakan dalam upaya rekonstruksi pascabencana. Capaian-capaian ini membuktikan betapa pentingnya kepemimpinan pemerintah, partisipasi aktif dari masyarakat dan dukungan para pemangku kepentingan," kata Wakil Presiden Bank Dunia untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik Pamela Cox, sebelum meninggalkan Banda Aceh, hari ini

Cox mengungkapkan dirinya telah melihat langsung keberhasilan proyek MDF dalam kunjungannya selama dua hari di Banda Aceh. "Dua hari ini, saya merasa mendapat kehormatan, karena menyaksikan sendiri bagaimana dana US$655 juta yang disumbangkan oleh 15 donor telah diterjemahkan menjadi hasil-hasil nyata di lapangan," katanya.

Cox mengunjungi kawasan pemukiman yang dibangun oleh proyek rekonstruksi perumahan berbasis masyarakat di Banda Aceh. Dia juga menyaksikan infrastruktur besar yang dibangun dengan dana MDF, termasuk jalan akses baru kota Banda Aceh dan tempat pembuangan akhir (TPA) regional di Kabupaten Aceh Besar.

Di Aceh Jaya, Cox mengunjungi petani-petani yang menerima manfaat dari proyek pemulihan mata pencaharian dan sebuah proyek pelestarian hutan yang telah melindungi keanekaragaman hayati Aceh yang kaya selama masa rekonstruksi.

Kunjungan Pamela ke Aceh ini merupakan kelanjutan dari partisipasinya pada konferensi internasional bertajuk Pembelajaran dari Pengalaman Indonesia dalam Rekonstruksi dan Kesiapsiagaan Bencana di Jakarta pada tanggal 12 November 2012.

Penulis: Antara/ Wisnu Cipto
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©