Headlines News :
Home » » Campa

Campa

Written By Fuad Heriansyah on Saturday, November 24, 2012 | 4:00:00 AM







Campa adalah sebuah nama kerajaan yang ada di Aceh bahkan sebelum ada nya kerajaan iskandar muda. kerajaan ini berpusat di daerah kabupaten bireuen sekarang. Gandapura, konon katanya berasal dari nama pintu gerbang masuk ke istana kerajaan ini. luas istana ini diperkirakan dari gandapura sampai ke samalanga. Di gandapura ada dua buah gerbang masuk dan keluar dari istana ini, ganda artinya Dua, Pura artinya Gerbang. Jadi gandapura berarti Dua Gerbang Raksasa sebagai pintu masuk ke istana kerajaan Kampa.

Pengaruh kerajaan ini menguasai sampai ke daerah patani Thailand. Perkembangan Kebudaan kerajaan ini sudah sangat maju. masyarakat sudah mempunyai pemikiran yang luas dan pandai-pandai.

salah satu keturunan menurut informasi yang belum jelas sumbernya Gusdur masih termasuk garis keturunan kerajaan ini. Seiring dengan perkembangan kebudaayaan Kampa di kenal dengan dengan sebutan Juempa. Gusdur sendiri mengakuinya bahwa beliau adalah suku keturunan kerajaan Kampa tapi beliau mengkomplin bahwa daerah Campa itu ada dipatani.

Namun beberapa pakar arkeolog Eropa membuktikan bahwa kerajaan Campa ini ada di daerah Bireuen sekarang yang dikenal dengan Jeumpa dengan pembuktian arkeologi makam kerajaan ini di temukan di daerah samalanga yang masih terisolir dan hanya beberapa orang saja yang tahu. [Sumber]


Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©