Headlines News :
Home » , , » Piasan Seni 2013 Aceh Memukau Warga Asing

Piasan Seni 2013 Aceh Memukau Warga Asing

Written By Fuad Heriansyah on Thursday, August 22, 2013 | 11:18:00 AM

Banda Aceh - Pagelaran budaya Piasan Seni Banda Aceh 2013 resmi dibuka. Puluhan komunitas seni dan buaya memeriahkan kegiatan yang berlangsung di Taman Sari Banda Aceh ini dengan berbagai karya dan atraksi keseniannya.

Piasan Seni Aceh 2013 di Taman Sari Banda Aceh (Foto: Salman/Okezone)


Piasan Seni yang berlangsung hingga 24 Agustus ini resmi dibuka Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal, Rabu (21/8/2013) malam. Pembukaan ditandai dengan penabuhan rapai'I (rebana).

"Di sinilah pelaku seni bisa mencurahkan kreativitasnya menampilkan kemampuan seni sekaligus mengajak muda-mudi agar melestarikan seni budaya Aceh agar tetap tumbuh seiring dengan jalannya waktu," katanya.

Piasan Seni diharapkan dapat memacu kreativitas masyarakat, kelompok, dan perseorangan dalam melestarikan seni Aceh sehingga bisa tetap lestari. Kegiatan ini akan dijadikan agenda tahunan Pemerintah Kota Banda Aceh untuk menumbuhkan minat seni masyarakat.

"Mudah-mudahan pemerintah suatu saat bisa membangun gedung kesenian yang lebih representatif bagi para pelaku seni," ujarnya di hadapan ratusan pengunjung yang hadir. Usai membuka acara, Illiza mengunjungi sejumlah stan yang ada di Piasan Seni.

Ketua Panitia, Dody Haikal, menyebutkan bahwa kegiatan terlaksana atas dukungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banda Aceh, DPRK Banda Aceh, bekerjasama dengan pelaku seni serta muda-mudi yang mempunyai kreativitas seni.

Selain dihadiri ratusan masyarakat lokal, beberapa turis asing juga terlihat saat pembukaan Piasan Seni Banda Aceh 2013. Mereka terlihat antusias menikmati aksi panggung para seniman Aceh dan ragam karya yang ditampilkan pada puluhan stan.

“Sangat menarik, ada banyak penampilan musik tradisional Aceh,” kata Hajer, seorang turis asal Tunisia yang baru pertama ke Aceh.

“Sangat mengangumkan,” ujar Sylvia, turis lain. Perempuan asal Italia itu mengaku sangat beruntung berada di Banda Aceh bertepatan dengan acara Piasan Seni.

“Seni di Aceh unik-unik. Orang Aceh ramah-ramah, murah senyum,” tutup Sylvia.
Source: Okezone
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©