Headlines News :
Home » » Halwa Aceh, Kegurihan dalam Cita Rasa Butiran Ketan

Halwa Aceh, Kegurihan dalam Cita Rasa Butiran Ketan

Written By Fuad Heriansyah on Wednesday, February 24, 2016 | 3:28:00 AM

Makanan yang satu ini hampir menyerupai dodol, baik dari segi rasa maupun warnanya. Namun memiliki tekstur yang kasar karena terbuat dari beras ketan yang ditumbuk kasar. Sensasi nikmatnya justru didapat dari butiran-butiran kasar ini. Dan juga dari butiran kelapa parutnya.

Namanya Halwa. Rasanya manis dan legit. Kue ini memang tidak begitu populer dibandingkan kue-kue tradisional Aceh yang lain. Di warung-warung kopi kue ini tidak pernah ditemui sebagaimana timphan.

Bukan apa-apa meski pun memiliki rasa yang lezat namun proses pembuatan kue ini agak sedikit rumit dan membutuhkan waktu lama. Sehingga membuat orang agak malas membuatnya.

Dulu membuat kue ini bisa sampai seharian. Betapa tidak, menumbuk berasnya saja dengan menggunakan Jingki, alat tumbuk beras tradisional orang Aceh. Jadi bisa dibayangkan sendiri betapa banyak waktu yang dihabiskan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue ini sangat mudah didapatkan, hanya beras ketan, kelapa parut dan gula merah cair. Orang Aceh biasa menyebutnya meulisan atau manisan.

Awalnya beras direndam dulu sampai mengembang, sekitar 2 – 3 jam. Lalu ditiriskan sampai airnya kering kemudian disangrai sampai berubah warna agak kecokelatan. Barulah ketan ditumbuk. Proses menumbuknya juga tidak mudah karena ketan akan beterbangan dan harus sangat hati-hati. Sekarang sudah jauh lebih mudah karena tinggal dihaluskan dipenggilingan.

Setelah ditumbuk sampai halus kemudian dimasukkan kelapa parut, supaya lebih harum ada baiknya kelapa disangrai sebentar. Lalu ditumbuk lagi sampai kalis. Adonan ini lah yang kemudian dimasukkan ke dalam manisan tadi. Sebelumnya manisan sudah dijerangkan di atas api dalam kuali. Selanjutnya adonan tinggal diaduk seperti mengaduk dodol sampai air gulanya kering.

Untuk bisa menikmati Halwa kita tidak perlu repot-repot lagi, tinggal mengunjungi gerai-gerai makanan tradisional. Di sepanjang jalan menuju Lhoknga Halwa banyak dijual di kios-kios yang khusus menjual penganan Aceh. Tertantang untuk merasakan sensasi nikmat mengunyah Halwa? |Sumber|
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©