Headlines News :
Home » » Taman Sari Gunongan

Taman Sari Gunongan

Written By Unknown on Wednesday, November 28, 2012 | 1:07:00 AM

Salah satu benda peninggalan budaya yang bernilai sejarah dan masih dapat kita saksikan dalam keadaan utuh adalah Gunongan lengkap dengan taman sarinya. Gunongan ini terletak di pusat kota Banda Aceh, tepatnya berada di kelurahan sukaramai, kecamatan Baiturrahman, kota Banda Aceh. Lokasi ini dapat di jangkau dengan kenderaan bermotor atau labi-labi melalui jalan Teuku Umar. Taman sari Gunongan merupakan salah satu peninggalan kejayaan Kerajaan Aceh, setelah kraton (dalam) tidak terselamatkan karena Belanda Menyerbu Aceh.

Sejarah di bangunnya Taman Sari Gunongan


Gunongan di bangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda yang memerintah tahun 1607-1636. Sultan Iskandar Muda berhasil menaklukkan Kerajaan Johor dan Kerajaan Pahang di semenanjung Malaka. Putri boyongan dari Pahang yang sangat cantik parasnya dan halus budi bahasanya membuat Sultan Iskandar Muda jatuh cinta dan menjadikannya sebagai permaisuri. Walaupun nama asli beliau Putri Kamaliah, Rakyat Aceh sering memanggilnya Putri Pahang. Lama kelamaan permaisuri cantik ini akhirnya lebih terkenal dengan nama Putroe Phang. Putroe Phang tidak hanya cantik, tapi beliau juga seorang wanita yang cerdas. Beliau adalah penasehat suaminya dalam pemerintahan. Seperti terlihat dalam semboyan berikut ini terkenal sekali dalam kehidupan bermasyarakat Rakyat Aceh.

Adat bak Poteumeureuhom (adat dipegang oleh Sultan) Hukom bak Syiah Kuala (hukum dipegang oleh Syiah Kuala) Kanun bak Putroe (kanun dipegang oleh Putroe Phang Reusam bak Laksamana (reusam dipegang oleh Laksamana)

Demi cintanya yang sangat besar, Sultan Iskandar Muda bersedia memenuhi permintaan permaisurinya untuk membangun sebuah taman sari yang sangat indah, lengkap dengan Gunongan sebagai tempat untuk menghibur diri agar kerinduan sang permaisuri pada suasana pegunungan di tempat asalnya terpenuhi. Selain sebagai tempat bercengkrama, Gunongan juga digunakan sebagai tempat berganti pakaian permaisuri setelah mandi di sungai Isyiki yang mengalir di tengah-tengah istana.

Taman Sari Gunongan merupakan sebuah taman yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda sebagai hadiah kepada permaisurinya Putroe Phang. Taman ini dibangun oleh sultan sebagai pengobat kerinduan sang permaisuri kepada kampung halamannya di Pahang Malaysia. Taman Sari Gunongan ini juga sering disebut taman ghairah yang ditengahnya mengalir sungai darul asyqi (sekarang krueng daroy). Selain bangunan gunongan dalam kawasan ini juga terdapat Pinto Khop yang merupakan gerbang yang menghubungkan kawasan istana dan taman sari gunongan sebagai tempat bersenang senang keluarga kerajaan.

Brakel (1975) melukiskan dalam Bustan, gunongan ini di kenal sebagai gegunungan dari kata Melayu gunung dengan menambahkan akhiran an yang melahirkan arti ‘’bangunan seperti gunung’’ atau ‘’simbol gunung’’. Jadi gunongan adalah symbol gunung yang merupakan bagian dari taman-taman istana Kesultanan Aceh.

Gunongan ini terletak di pusat kota Banda Aceh, tepatnya berada di Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Baiturahman, Kota Banda Aceh. Lokasi ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor atau labi-labi melalui jalan Teuku Umar. Taman Sari Gunongan merupakan salah satu peninggalan kejayaan Kerajaan Aceh, setelah kraton (dalam) tidak terselamatkan karena Belanda menyerbu Aceh.

Gunongan adalah bagian dari suatu kompleks yang lebih luas, Taman Ghairah, yang merupakan bagian dari taman istana. Di kompleks ini sekarang hanya tersisa empat buah bangunan;Gunongan itu sendiri, Leusong (lesung batu) terletak di kaki Gunongan, agak di bagian tenggara;kandang sebuah bangunan empat persegi di bagian utara di arah timur laut sepanjang sungai Krueng Daroy, dan Phinto Khop adalah sebuah pintu gerbang berbentuk kubah yang dulunya menghadap istana dan menghubungkan taman dengan alun-alun isana. Hanya anggota keluarga istana kerajaan yang diizinkan melewati pintu gerbang ini. Adapun detail dari bagian Taman Sari Gunongan itu adalah :

Pertama, Gunongan sendiri berdiri dengan tinggi 9,5 meter, yang menggambarkan sebuah bunga, yang dibangun dalam tiga tingkat. Tingkat pertama terletak di atas tanah dan tingkat tertinggi bermahkota sebuah tiang berdiri di pusat bangunan. Keseluruhan bentuk Gunongan adalah octagonal (bersegi delapan). Serambi selatan merupakan lorong masuk yang pendek, tertutup pintu gerbang yang penyangganya sampai ke dalam gunung.

Kedua, Penterana Batu berukir berupa kursi bulat berbentuk kelopak bunga yang sedang mekar dengan lubang cekung di bagian tengah. Namun yang masih dapat disaksikan hingga saat ini adalah peteranan batu berukir kembang lela masyhadi yang terletak bersebelahan dengan gunongan dan berada di sisi sungai.

Ketiga, Kandang Baginda merupakan sebuah lokasi pemakaman keluarga Sultan Kerajaan Aceh, di antaranya yaitu makam Sultan Iskandar Tsani (1636-1641) sebagai menantu Sultan Iskandar Muda (1607-1636) dan istri Sultanah Tajul Alam (1641-1670).

Keempat, Medan Khairani merupakan sebuah padang luas di sisi barat Taman Ghairah yang pernah dihiasi dengan pasir dan kerikil yang di kenal dengan nama sebutan kersik batu Pelinggam. Sebahagian besar lahannya kini digunakan sebagai kerkoff, kompleks makam Belanda yang juga disebut Pocut. Kompleks makam ini digunakan untuk menguburkan prajurit Belanda yang gugur dalam perang Aceh (1873-1902).

Kelima, Balai merupakan bangunan yang banyak dibangun di dalam Taman Ghairah. Balai-balai tersebut antara lain Balai Kambang tempat peristirahatan, Balai Gading tempat kenduri dilaksanakan, Balai Rekaan Cina tempat peristirahatan yang di bangun oleh ahli bangunan dari Cina, Balai Keemasan tempat peristirahatan yang dilengkapi dengan pagar keliling dari pasir, dan Balai Kembang Caya. Namun dari balai-balai yang disebutkan tersebut tidak satupun yang tersisa.

Keenam, Phinto Khop (Pintu Biram Indrabangsa) secara bebas dapat diartikan sebagai pintu mutiara keindraan atau kedewaan/raja-raja. Di dalam Bustan as Salatin disebut dengan Dewala. Gerbang ini dikenal pula dengan sebutan Pinto Khop, merupakan pintu penghubung antara istana dengan Taman Ghairah. Dengan adanyaperombakan tata kota Banda Aceh dewasa ini kini pintu tersebut tidak berada dalam satu kompleks dengan Taman Sari Gunongan.

Hingga saat ini Taman Sari Gunongan masih dapat dikunjungi dan masih dapat disaksikan dalam keadaan utuh lengkap dengan taman sarinya. Dengan adanya perombakan tata kota Banda Aceh dewasa ini, kini pintu tersebut tidak berada dalam satu kompleks dengan Taman Sari Gunongan. Bangunan pintu Khop dibuat dari bahan kapur dengan rongga sebagai pintu dan langit-langit berbentuk busur untuk dilalui dengan arah timur dan barat. Bagian atas pintu masuk berhiaskan dua tangkai daun yang disilang, sehingga menimbulkan fantasi (efek) stiliran figur wajah dengan mata dan hidung serta rongga pintu sebagai mulut.

Atap bangunan yang bertingkat tiga dihiasi dengan berbagai hiasan dalam bingkai-bingkai, antara lain biram berkelopak (mutiara di dalam kelopak bunga seperti yang juga ditemukan pada bangunan gunongan) dan bagian puncak dihiasi dengan sangga pelinggam (mahkota berupa topi dengan bagian puncak meruncing). Bagian atap merupakan pelana dengan modifikasi di empat sisi dan berlapis tiga. Pada sisi utara dan selatan dewala ini berkesinambungan dengan tembok tebal (tebal 50 m dan tinggi 130 m) yang diduga merupakan pembatas antara lingkungan kraton dengan taman, tetapi tembok tersebut sudah tidak ditemukan lagi. [Sumber]
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©