Headlines News :
Home » » Puteri Tansyir Dewi

Puteri Tansyir Dewi

Written By Fuad Heriansyah on Sunday, November 25, 2012 | 11:44:00 PM

Puteri Tansyir Dewi atau dikenal dengan Puteri Perlak adalah puteri dari Maharaj Syahriar Salman yang dikemudian dinikahkan dengan seorang sayid keturunan Arab yang bernama Sayid Maulana Ali al-Mukbatar penerus Islam Syi'ah.

Disamping Sayid Maulana Ali al-Mukbatar yang datang ke Perlak dari Arab, terdapat juga orang dari Bani Hasyim dan keturunan Rasullullah lainnya yang datang ke Aceh dan wilayah nusantara lainnya dalam rangka melakukan perdagangan sekaligus menyiarkan agama Islam dan mereka kemudian berbaur dan menikah dengan penduduk setempat terutama dengan keluarga Meurah seperti Syarifah Azizah yang menikah dengan Sultan Perlak ke-11.

Seperti diketahui dalam sejarah Islam, setelah masa Khulafaurrasyidin berakhir yang diperintah secara berturut-turut oleh sahabat Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali, secara politik muncullah dua dinasti besar yakni, Dinasti Umayyah dan Dinasti Abbasiyah. Berangkat dari perbedaan politik ini, pada waktu yang sama, muncul pula banyak aliran pemahaman dan pengamalan Islam seperti aliran Sunni, Syi'ah, Khawarij dan lain sebagainya.

Dinasti Umayyah dan Abbasiyah sangat menentang aliran Syi'ah yang dipimpin oleh keturunan Ali bin Abu Thalib yang juga menantu Rasulullah SAW. Oleh karena itu, tidak mengherankan aliran Syi'ah pada era dua dinasti ini tidak mendapatkan tempat yang aman. Karena jumlahnya minoritas, banyak penganut Syi'ah terpaksa harus menyinggkir dari wilayah yang dikuasai oleh dua dinasti tersebut. [Sumber]
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©