Headlines News :
Home » , » Puluhan Hektar Hutan Bakau di Simeulue Dibabat

Puluhan Hektar Hutan Bakau di Simeulue Dibabat

Written By Unknown on Friday, November 9, 2012 | 2:51:00 AM

SINABANG - Pihak Dinas Kehutanan, Perkebunan, dan Holtikultura Simeulue menaksir sedikitnya 30 hektar hutan bakau di pesisir pantai di Kecamatan Alafan, telah dibabat dan ditebang warga untuk dialihfungsikan sebagai kebun plasma kelapa sawit.

Penebangan hutan bakau itu diduga telah berlangsung lama serta mengabaikan peringatan yang dikeluarkan Dinas Kehutanan, Perkebunan dan Holtikultura Simeulue.

“Kita sudah peringatkan namun mereka abaikan, lalu kemarin (Kamis, 8/11 -red), saya langsung turun ke sana dan melakukan penghentian penebangan itu bakau yang berada di pinggir pantai,” kata Kepala Dinas Kehutanan, Perkebunan, dan Holtikultura Ibnu Abas, Jumat (9/11).

Ibnu Abas menambahkan, hutan bakau yang berada di kawasan pantai tak boleh ditebang. Berbeda dengan tanaman mangrove yang tubuh di kawasan kaki gunung.

“ada pengecualan. Karena hutan bakau itu dibatasi jalan. Maka sebelah arah pantai dilarang untuk ditebang, sedangkan di sebelah jalan lagi, yang arahnya menuju kaki gunung, boleh ditebang,” jelasnya.

Tingkat kepadatan tanaman mangrove di kawasan itu terbilang tinggi. Dalam satu hektar saja diperkirakan ditumbuhi 3.000 bayang pohon. Jaringan Komunitas Masyarakat Adat Simeulue menyayangkan tindakan warga Alafan itu. Sebab, penebangan itu rentan terjadinya bencana alam dan mengganggu habitat biota laut. “Kalau tidak dihentikan, bencana yang lebih besar sedang menunggu kita,” kata Manajer Program JKMA Simeulue Riduanto. |Sumber|
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©