Headlines News :
Home » , , » Rumah Mandor Kebun Kopi Jaman Belanda Masih Utuh di Takengon

Rumah Mandor Kebun Kopi Jaman Belanda Masih Utuh di Takengon

Written By Fuad Heriansyah on Wednesday, March 6, 2013 | 9:51:00 PM

TAKENGON – Dua rumah kecil bekas milik mandor penjaga kebun kopi di masa Belanda hingga kini masih utuh di Kampung Wih Porak, Silih Nara, Aceh Tengah. Rumah kecil berukuran sekitar 7x9 meter itu sampai kini masih utuh. Rumah itu kini dihuni warga setempat.
Sujarno, staf Dinas Perkebunan dan Kehutanan Aceh Tengah, mengatakan utuhnya rumah itu karena sejak ditinggal Belanda langsung dihuni penduduk setempat secara turun-temurun sehingga ada yang merawat.
“Kayu dan seng dari dua rumah itu masih peninggalan kolonial Belanda dan tidak pernah diganti oleh penghuninya karena memang masih layak pakai hingga sekarang," ujar Sujarno. Hanya lantainya saja, kata dia, yang diganti.
Belasan tahun lalu, kata Sujarno, masih banyak rumah peninggalan Belanda di Kampung Wih Porak. "Tetapi habis dihancurkan masyarakat karena dianggap ada harta karun peninggalan Belanda."
Tapi di Wih Porak, kata dia, juga masih ada bukti sejarah berupa pondasi  pabrik pengeringan kopi, bak penampung air, dan pondasi tempat memantau perkebunan kopi masa kolonial Belanda yang dibangun tahun 1904 silam.
Sepekan lalu The Atjeh Post mencoba menjelajahi peninggalan masa kolonial Belanda di Kampung Wih tersebut. Dulunya di kampung ini Belanda membangun 100 hektare kebun kopi beserta pabrik dan perumahan.
Menurut informasi, setelah kemerdekaan Indonesia, pabrik tersebut pernah terlantar. Selanjutnya sekitar tahun 1960-an hingga 1979 pabrik tersebut pernah dikelola oleh PNP I.
Kemudian kepemilikannya berpindah ke PT Ala Silo dan hingga kini lahannya kini dimiliki Dinas Perkebunan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah.
Sekarang perkebunan kopi yang dikelola Pemerintah Daerah hanya tinggal 40 hektare. "Kebun itu kini dikelola masyarakat setempat, tetapi bagi hasil dengan Pemerintah Daerah," ujar Sujarno.
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©