Headlines News :
Home » » Tak Hanya Pantai, Aceh Juga Punya Gunung Kemiki yang Eksotis

Tak Hanya Pantai, Aceh Juga Punya Gunung Kemiki yang Eksotis

Written By Fuad Heriansyah on Friday, June 14, 2013 | 9:48:00 AM


Aceh terkenal dengan pantai-pantai yang cantik. Tapi lebih dari itu, Aceh pun punya Gunung Kemiki yang tak kalah eksotis. Hamparan alam serba hijau dan udara yang sangat sejuk, dapat Anda rasakan saat berlibur ke sana.

Begitu apik mahakarya Sang Pencipta yang memberikan banyak hutan belantara yang luas, kaldera, danau dan puncak tertinggi pegunungan di Aceh. Hutan Aceh memang begitu luas untuk dijelajahi. Di setiap sudutnya, selalu tersedia tempat yang menarik untuk di kunjungi.

Gunung Kemiki berada di kawasan Ulu Masen, Aceh. Di sana terdapat beberapa panorama alam eksotis yang dapat menggoda kita untuk dijelajahi. Hutan Ulu Masen mencakup 6 kabupaten mulai dari Bireuen, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Aceh Jaya dan Aceh Barat yang memiliki luas hingga 750.000 hektar.

Daerah kawasan Ulu Masen ini mempunyai curah hujan dan debit air yang cukup besar. Tak heran, bila di daerah tersebut sering terjadi hujan setiap hari.

Nama Gunung Kemiki mungkin tidak sepopoler Gunung Peut Sagoe, walaupun keduannya terletak bersebelahan yang berada di Gempang, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie, Aceh. Gunung Kemiki memiliki ketinggian 2800 Mdpl dan dikategorikan sebagai gunung primer yang mempunyai tugu tringulasi yang dibangun pada masa penjajahan Belanda.

Semakin masuk ke dalam rimba, kita akan menjumpai betapa eksotisnya hutan kawasan Ulu Masen ini. Hal ini terbukti dengan keanekaragaman hayati yang terdapat di alamnya. Mulai dari anggrek yang beraneka ragam warna dan jenisnya, ditambah lagi dengan flora-flora lain yang menarik bagi siapa saja yang menyambangi.

Beranjak dari puncak Kemiki, kami turun menuju ke telaga Kemiki. Jalur menuju ke Telaga Kemiki banyak dijumpai jejak kaki kawanan gajah liar yang sering disebut Poemeurah di banyak tempat.

Telaga Kemiki mempunyai luas sekitar 3 hektar. Didominasi oleh rumput dan kiri kanan diapit oleh pengunungan dengan riak air yang tenang. Terbesit di benak kami, alangkah indahnya bila tempat tersebut dijadikan objek wisata. [detikTravel Community]

Berikut gambar yang berhasil di jepret:

Perjalanan

Di Belakang Dua Bukit

Sedang Memperhatikan Keindahan Alam Aceh

Hamparan Gunung Hijau

Istirahat Sejenak Peraduan Kejernihan Asri

Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©