Headlines News :
Home » , » Mesjid "Tempurung" Padang Tiji

Mesjid "Tempurung" Padang Tiji

Written By Fuad Heriansyah on Friday, November 30, 2012 | 2:45:00 AM

Pernah suatu ketika saat mata kuliah Fisika Bangunan dengan materi Akustik dalam Bangunan, Dosen menyinggung sebuah Masjid dibilangan Padang Tiji, Pidie, Aceh yang bentuknya unik. Karena materi yang disampaikan oleh Dosen merupakan materi yang bersifat keakustikan, maka unik yang dimaksud disini juga dari segi akustik yah.
Inside the Dome
Emangnya Unik gimana ya? Well, coba aja liat fotonya, Masjid ini punya kubah yang gede banget yang menutupi seluruh bidang bangunan sehingga terlihat seperti setengah bola. Masyarakat setempat sendiri menamakan masjid ini sebagai Masjid "Tempurung" (dan masyarakat setempat punya julukan sendiri mengenai Masjid ini dalam bahasa Aceh, tapi saya lupa apa sebutannya). Nah, Dari segi struktural juga unik karena Masjid ini tidak memiliki kolom-kolom struktur yang menopang kubah tersebut, kolom-kolom yang ada di dalam masjid (spertinya) hanya menopang lantai 2 bagian dalam masjid ini.
Karena saya sendiri mengunjungi masjid ini pada pukul 1/2 5 sore yang artinya tidak ada aktifitas solat berjamaah yang menggunakan sound system, saya jadi tidak bisa merasakan akustik suara yang ada dimasjid, Well, Next time, Maybe?
Masjid "Tempurung"
18 Agustus 2011
Masjid Raudhatul Rahman
Padang Tiji
Pidie
Aceh
Share this article :

1 komentar:

Anonymous said...

mesjid ini adalah rancangan dari mentri pan azwar abubakar

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©