Headlines News :
Home » » Kuah Pliek U ala Aceh Besar

Kuah Pliek U ala Aceh Besar

Written By Fuad Heriansyah on Wednesday, March 20, 2013 | 11:08:00 AM

Berawal dari pembicaraan hangat seputaran kuliner Aceh, muncul topik mengenai kuliner dari Aceh Besar. Modifikasi dari sajian khas Aceh yang menjadi kuliner istimewa ini membuat Kuah Pliek U ala Aceh Besar sedikit berbeda. Kuah Pliek U ala Aceh Besar dimasak bersama Cue. Cue merupakan salah satu jenis kerang/keong yang biasa ditemukan di zona estuaria. Bagi Masyarakat Aceh Besar dan sekitarnya, Cue dapat diperoleh di wilayah Leupung. Leupung menjadi tempat khas untuk menemukan kerang jenis ini.

Keunikan Kuah Pliek U ala Aceh Besar tidak hanya terletak pada penambahan Cue kedalamnya, namun Keunikan juga muncul pada saat kita melahapnya. Bagi anda yang baru saja mengenal sajian ini akan dibuat repot dan butuh waktu untuk melahapnya.  Menyantap Cue dalam Kuah Pliek U ini harus memilki keahlian khusus. Bagaimana tidak, Cue yang hanya memiliki lubang kecil ini harus dikeluarkan dari cangkangnya untuk melahap dagingnya.

Sekarang anda bertanya-tanya bagaimana cara menikmati sajian khas ini. Tidak sulit untuk mencobanya, anda hanya butuh sedikit tenaga untuk menyedot daging Cue dari lubang cangkangnya menggunakan mulut anda. Jika anda ternyata belum berhasil mengeluarkannya, anda dapat mengulanginya. Sebentar, anda juga perlu trik untuk melakukannya untuk kali kedua. Anda harus menarik kembali daging Cue dengan menyedot punggungnya, itu juga anda lakukan dengan mulut anda. Nah, sekarang baru anda ulangi lagi keluarkan daging Cue dari cangkangnya.

Bagi masyarakat Aceh Besar, keahlian menyantap Cue ini sudah tidak diragukan lagi. Anda juga akan sama mahirnya jika anda sudah mencobanya. Kali pertama mungkin anda memiliki kesulitan, namun kali kedua, ketiga dan seterusnya anda telah menjadi orang Aceh Besar.
Sekarang saatnya anda yang sedang baca tulisan ini untuk mencobanya. Tidak hanya Cue Kuah Pliek U, masih banyak kuliner Aceh yang harus anda coba. Selamat mencoba.

Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©