Headlines News :
Home » » Embarkasi Haji Banda Aceh Siap Terima JCH

Embarkasi Haji Banda Aceh Siap Terima JCH

Written By Unknown on Wednesday, September 19, 2012 | 4:14:00 AM

Banda Aceh, (Analisa). Embarkasi Haji Banda Aceh telah siap menerima kedatangan jamaah calon haji (JCH) Provinsi Aceh yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun 1433 H/2012 M.
Kelompok terbang (kloter) I JCH asal Kota Banda Aceh sebanyak 325 orang akan masuk Asrama Haji Banda Aceh Kamis (20/9) sore, selanjutnya akan diterbangkan ke Arab Saudi Jumat (21/9) melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar.

"Saat ini, seluruh persiapan telah rampung, termasuk visa paspor JCH Aceh telah selesai diproses 95 persen," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh Drs. H. Ibnu Sa’dan, M.Pd, Selasa (18/9).

Kakanwil yang didampingi Kasubbag Hukmas dan KUB Kanwil Kementerian Agama Aceh, Juniazi, S.Ag menjelaskan seputar persiapan terakhir Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Banda Aceh.

Data terakhir yang diterima dari Siskohat Embarkasi Banda Aceh, 3.923 JCH Aceh telah melunasi BPIH. Sementara sisa kouta saat batas akhir pelunasan akhir BPIH tahap III, Jumat (14/9) lalu, Aceh masih menyisakan 14 porsi lagi.

Menurut Ibnu Sa’dan, ke-14 porsi haji untuk Aceh ini selanjutnya menjadi kewenangan Menteri Agama. Dijelaskan, pemberangkatan JCH Indonesia sebanyak 210 ribu orang setiap tahun oleh pemerintah, bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah.

"Bayangkan, jemaah haji sebanyak itu, sebanyak penduduk Brunei Darussalam, kita berangkat dalam satu waktu ke negara lain, dengan latar belakang yang berbeda-beda, ini bukan pekerjaan mudah," katanya.

Oleh karenanya, pemeritah menyadari pelayanan haji setiap tahun tidak seluruhnya berjalan maksimal. Namun, jelasnya, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam penyelenggaraan ibadah haji setiap tahun.

Untuk menekan jumlah JCH waiting list atau daftar tunggu keberangkatan yang saat ini sudah masuk tahun ke-12 di Aceh, dia berharap kepada masyarakat yang sudah berhaji untuk tidak lagi mendaftar haji. "Tolong beri kesempatan kepada mereka yang belum pernah berhaji. Haji cukup sekali seumur hidup," jelasnya.

Sumber : Analisadaily
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©