Headlines News :
Home » , » Mesjid Beuracan / Mesjid Guci Keuramat Pidie Jaya

Mesjid Beuracan / Mesjid Guci Keuramat Pidie Jaya

Written By Fuad Heriansyah on Thursday, June 4, 2015 | 6:22:00 PM

Mesjid Beuracan / Mesjid Guci Keuramat Pidie Jaya
Beuracan, tidak banyak dari kita yang mengetahui daerah tersebut. Karena daerah yang itu adalah sebuah nama desa kecil didataran Aceh Raya yang terletak Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, yaitu di sisi jalan poros Sigli-Medan.

Adalah menarik rasanya jika mempunyai tujuan untuk kesana, kesebuah desa kecil yang tidak seperti kota bandung ataupun kota makasar yang infrastrukturnya sudah lumayan maju. Disana ada sebuah mesjid kuno berusia 390 tahun yang dibangun oleh Teungku Salim seorang mubaligh asal Madinah di zaman Sultan Iskandar Muda masih berkuasa dulu. Bahwa di kampung itu masih ada beberapa peninggalan kuno yakni berupa mesjid yang sudah berumur 390 tahun. 
Ada sesuatu yang menarik perhatian dimesjid kuno itu yakni seperti ya tentang keberadaan sebuah tongkat rotan yang usianya sama dengan usia mesjid. Tongkat yang berukuran 163 cm tersebut hingga sekarang masih utuh dan sangat keras seperti besi. Menurut cerita masyarakat setempat tentulah tongkat tersebut dulunya milik dari Teungku Salim yang tertinggal dimesjid itu sebelum dia wafat lalu tongkat itu kemudian dirawat dan diperlakukan dengan baik oleh mayarakat sebagai wujut terimakasih dan rasa hormat mereka terhadap mubaligh asal Madinah itu.


Beuracan tidak hanya mempunyai itu saja, disamping melakukan wisata religius kita juga bisa bermain – main didaerah perbukitan anak gunung Seulawah yang hijau dan segar udaranya. Menikmati keindahan tersebut merupakan sebuah kenikmatan tersendiri.
Share this article :

0 komentar:

 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. Visit Aceh - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Fuad Heriansyah
Copyright ©