Pages

Sunday, October 7, 2012

Wisata Arung Jeram

Kota Sigli atau Sigli adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Pidie. Sigli juga merupakan Ibukota Kabupaten Pidie, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia. Terletak 112 km di sebelah timur Banda Aceh, Sigli termasuk kota strategis yang dilalui oleh Jalan Raya Lintas Sumatera. Wilayah ini dulunya merupakan stasiun kereta api terbesar di Aceh pada tahun 1960-1970, tetapi sekarang sudah tidak beroperasi lagi. Alamat Lokasi : Kantor Bupati Pidie: Jl. Prof. A. Majid Ibrahim. Sigli. Kabupaten Pidie. Kabupaten Pidie berbatasan dengan Selat Malaka di utara, Aceh Besar di barat, Bireuen di timur, dan Aceh Jaya di selatan. Masyarakat Pidie suka merantau dan berdagang, sehingga sering dijuluki "Tionghoa hitam" dan mereka bersama orang asal Bireuen mendominasi pasar-pasar di berbagai wilayah Aceh.

Cara Menuju Lokasi : Dari Kota Banda Aceh untuk menuju Ibukota Kabupaten Pidie (Sigli) jarak tempuh sekitar 110 km, menggunakan transportasi Bus, ataupun kendaraan pribadi.

Wisata Arung Jeram
Merupakan wisata arung jeram yg menarik, membutuhkan nyali yg besar untung berwisata ini. Alamat Lokasi : Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie. Wisata arung jeram ini banyak diminati oleh penduduk luar daerah ini, karena di daerah ini adalah tempat wisata arung jeram yg cocok untuk beradu nyali dengan arus kuat yg menantang untuk ditaklukkan.


Cara Menuju Lokasi : Bisa menggunakan mobil, sepeda motor, ataupun sarana angkutan umum.

Goa Tujuh
Goa yg sangat unik dan fantastik, memiliki satu pintu utama, tetapi juga didalamnya memiliki tujuh cabang untuk menuju kedalamnya. Alamat Lokasi : Jl. Banda Aceh - Medan km 100, Laweung, Kec. Muara Tiga. Kab.Pidie. Goa ini merupakan peninggalan sejarah purbakala yg sangat unik, karena mempunyai satu pintu utama, tetapi juga memiliki tujuh cabang didalamnya.


Cara Menuju Lokasi : Menggunakan Mobil, sepeda motor, ataupun angkutan umum lainnya.

Panorama Tangse
Keindahan alami dari alam pedesaan di daerah ini pantas dijadikan obyek wisata alam. Daerah yang terkenal dengan penghasil beras kualitas unggulan, dan bagi penikmat daging rusa bisa menikmati daging rusa bakar yang tentu saja lezat. Alamat Lokasi : Jl.Sigli - Geumpang. Kecamatan Tangse. Kabupaten Pidie. Jarak tempuh dari Kota Sigli sekitar 1 jam perjalanan. Tangse adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pidie, keindahan alam desa yang masih sangat alami adalah daya tarik tersendiri. Selain itu juga daerah ini adalah penghasil beras kualitas unggul dan juga penghasil buah durian yang produktif. Di sini juga kita bisa menikmati daging rusa segar yang lezat.

Cara Menuju Lokasi : Menggunakan transportasi umum seperi bus ataupun kendaraan roda empat ataupun roda dua.

Tari Laweut
Tari Laweut merupakan salah satu tarian yang berasal dari Aceh. Laweut berasal dari kata Selawat, sanjungan yang ditujukan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW. Tarian ini juga dikenal sebagai `Seudati Inong`. Alamat Lokasi : Biasanya diselenggarakan di gedung kesenian ataupun ditempat-tempat tertentu pada acara kesenian dan budaya. Cara Menuju Lokasi : Dapat menggunakan transportasi umum, Tarian ini awalnya berasal dari Pidie, dan sekarang telah berkembang di seluruh Aceh (NAD). Sebelum sebutan Laweut dipakai, tarian ini mulanya disebut "Seudati Inong", karena tarian ini khusus ditarikan oleh para wanita. Gerak tarian ini, yaitu penari dari arah kiri atas dan kanan atas dengan jalan gerakan barisan memasuki pentas dan langsung membuat komposisi berbanjar satu, menghadap penonton, memberi salam hormat dengan mengangkat kedua belah tangan sebatas dada, kemudian mulai melakukan gerakan-gerakan tarian.


Cara Menuju Lokasi : Dari Kota Sigli dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum.

Emping Melinjo
Pidie terkenal dengan daerah penghasil emping melinjo. Produk ini juga di ekspor ke manca negara yaitu Malaysia dan Singapura. Alamat Lokasi : Hampir semua kecamatan di Kabupaten ini merupakan penghasil emping melinjo, antara lain: Kecamatan Simpang Tiga, Kecamatan Pidie, Kecamatan Sakti juga Kecamatan Mutiara. Daerah Pidie terkenal sebagai daerah penghasil emping melinjo dan menjadi pemasok utama ke daerah-daerah lainnya. Juga di ekspor hingga ke manca negara yaitu Malaysia dan Singapura. Dalam setahun sekitar 9 sampai 10 ton emping melinjo ini diekspor.

Cara Menuju Lokasi : Dari Kota Sigli dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum.

|Sumber| 

No comments:

Post a Comment